Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Minggu, 21 Februari 2016

Kriteria Media Pembelajaran yang Baik


Leslie J. Briggs (1979) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah alat-alat fisik untuk menyampaikan materi pelajaran dalam bentuk buku, film, rekaman video, dan lain sebagainya. Ia juga berpendapat bahwa media merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi peserta didik agar terjadi proses belajar.
Media pembelajaran sangat vital fungsinya dalam pembelajaran. Semakin baik media atau alat bantu pendidikan sebagai penyampai pesan atau materi pembelajaran kepada anak didik, maka akan makin baik dan maksimal kemampuan siswa untuk menerima dan mencerna materi atau pesan dalam pembelajaran.
Agar alat bantu atau media pembelajaran menjadi alat yang benar-benar memberikan manfaat kepada anak didik, maka alat bantu atau media tersebut harus memiliki kriteria sebagai berikut :
  1. Media atau alat bantu pendidikan harus menarik perhatian para anak didik, agar mereka mampu memfokuskan diri pada pesan yang akan disampaikan oleh media atau alat bantu tersebut
  2. Media atau alat bantu harus mampu mengembangkan minat para anak didik agar bisa mengikuti materi yang disampaikan dengan baik
Pemilihan media yang tepat untuk mata pelajaran tertentu menjadi hal penting untuk diperhatikan demi terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya tujuan pembelajaran. Jika media tersebut dapat memberikan hasil memuaskan seperti tujuan yang hendak dicapai, maka media tersebut cocok untuk digunakan.

Sumber : Metode Edutainment. Moh Sholeh Hamid, S.Pd. Divapress. Yogyakarta. 2011


0 komentar:

Posting Komentar