Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jumat, 03 Juni 2022

Jurnal Refleksi - Minggu 22


Arga Akthobaron, S.Pd.
CGP Angkatan 4 Kabupaten Grobogan

MODEL DEAL 
(DESCRIPTION, EXAMINATION AND ARTICULATION OF LEARNING)

DESCRIPTION
Deskripsikan pengalaman yang dialami (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa bagaimana)

Senin, 23 Mei 2022
Elaborasi Pemahaman Sesi Instruktur
Melalui ruang virtual bersama instruktur, fasilitator, dan CGP lainnya menggali dan mengeksplor materi tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. 

Rabu, 25 Mei 2022
Koneksi Antar Materi
Mengaitkan materi antar modul serta membuat rencana kecil perubahan yang akan dilakukan pada diri dan sekolah berkaitan dengan materi dalam modul 3.2 ini serta mengimplementasikan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset menggunakan format BAGJA.

Jum'at, 27 Mei 2022
Aksi Nyata
Mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan tentang pengelolaan sumber daya yang memanfaatkan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset sebagai pemimpin dalam pengelolaan sumber daya serta aksi ini untuk menjalankan rancangan yang dibuat pada tahap koneksi antar materi.

ANALISIS EXAMINATION

Aset atau sumber daya merupakan hal penting yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sekolah. Saya bersama komunitas sekolah mencoba memetakan aset yang ada menggunakan inkuiri apresiatif model BAGJA. Dengan model ini akan memaksimalkan manfaat aset bagi ekosistem sekolah dan mendukung pembelajaran di kelas. Lingkungan sekolah merupakan tempat berharga khususnya bagi guru dan murid, wellbeing murid akan terbentuk jika proses pembelajaran berlangsung menyenangkan dengan didukung oleh lingkungan yang bersih dan rapi. Saya bersama komunitas sekolah berupaya melakukan perubahan dengan mengajak murid membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman dan dapat belajar dengan bahagia dengan bimbingan dari guru.

ARTICULATION OF LEARNING

Rencana Perbaikan Mendatang
Sebagai pemimpin pembelajaran haruslah bisa memetakan 7 aset atau sumber daya yang ada di sekolah serta mengelolanya untuk kepentingan pembelajaran yang berpihak pada murid. Hal yang tidak kalah penting adalah mengubah pola pikir khususnya guru dari pemikiran lama yang cenderung berbasis kekurangan atau masalah ke arah pola pikir positif yang berbasis kekuatan yang akan memuka harapan dan impian bagi murid.



0 komentar:

Posting Komentar