Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Minggu, 31 Maret 2013

Tips Menghadapi Ujian Sekolah


Waktu ujian bisa menjadi masa menegangkan bagi anak-anak dan orang tua. Anak-anak harus mempersiapkan kurikulum pelajaran untuk menghadapi soal-soal pada saat ujian, dan orangtua harus memastikan bahwa dapat membantu anak-anak mereka sejauh mungkin dalam mempersiapkan ujian.
Peran orang tua dalam mempersiapkan anak-anak mereka menghadapi ujian untuk kelompok usia yang berbeda dari anak didik di bawah ini :
Usia 7 sampai 11 tahun
Anak-anak dalam kelompok usia 7 sampai 11 tahun adalah, pada dasarnya, siswa pendidikan dasar. Anak-anak dalam kelompok usia yang baru belajar dasar-dasar setiap mata pelajaran pada tahap ini.

Berikut adalah beberapa tips berguna yang akan membantu dalam mempersiapkan anak  ujian, di antaranya :
  1. Persiapkan anak agar  tidak stres saat waktu ujian.
    Periode berjalan sampai dengan ujian adalah waktu emas. Anak-anak pada tahap ini sangat mudah dipengaruhi. Panik selama ujian adalah salah satu alasan utama anak-anak tampil saat ujian.  Apalagi untuk yang baru pertama kali menghadapi. Jika orangtua telah menanamkan pada anak kebiasaan tenang saat penyelenggaraan dan mematuhi semua tenggat waktu, maka mereka sudah terbiasa.
  2. Anak-anak harus dibuat sadar akan pentingnya perencanaan untuk masa depan.   Jika anak tahu apa yang diharapkan darinya selama waktu ujian, itu akan menyelamatkannya dari unsur kejutan atau tekanan yang ada. Nah, di sini penting diingatkan untuk hasil/ nilainya nanti, berguna untuk masa depan mereka.
  3. Terakhir,  jangan membebani anak dengan harapan yang tinggi.  Ikuti sesuai kemampuan dan pola pikirnya.
Usia 11 sampai 16
Sebagai orangtua, perlu menangani anak-anak dari kelompok usia ini dengan sangat hati-hati.

Berikut adalah beberapa tips berguna yang akan membantu  dalam mempersiapkan anak-anak pra-remaja dan remaja untuk ujian mereka:
  1. Bantu anak mempersiapkan jadwal
  2. Pastikan si anak tidur dengan baik dan cukup
  3. Beri dukungan moral. Ini  cukup bagi anak untuk tetap jujur dengan  persiapan ujiannya.
Perangkat meningkatkan daya ingat dan kinerja ujian
Anak-anak menggunakan perangkat lunak cenderung untuk menetapkan lebih cepat dan berkonsentrasi dengan tingkat pelajaran yang jauh lebih tinggi dari konsentrasi. Untuk meningkatkan performa anak  dalam ujian, mereka mencoba untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara metode konvensional, menggunakan kertas ujian terakhir, revisi panduan dan metode berbasis komputer, on-line learning, perangkat lunak komputer, perangkat lunak pelatihan otak dll.
Studi telah membuktikan ini berkali-kali bahwa lebih banyak anak membaca, itu lebih baik. Membaca yang lebih baik dan mudah diingat ke dalam bentuk tulisan. Anak-anak dari segala usia dapat menghargai apa yang sedang dibaca.

Temukan saran-saran dan tips untuk memotivasi anak pada saat ujian yang berguna dan sangat layak untuk segera diterapkan, bagaimana bisa membantu anak.
Sumber : www.beritaterkinionline.com 

0 komentar:

Posting Komentar