Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sabtu, 12 Maret 2016

Teknik Mencatat


Mencatat yang efektif adalah salah satu kemampuan terpenting yang pernah dipelajari orang. Alasan utama untuk mencatat adalah untuk meningkatkan daya ingat. Sebab, pikiran manusia tidak dapat menyimpan segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.

Pencatatan yang efektif dapat menghemat waktu dengan membantu menyimpan informasi secara mudah dan mengingatnya kembali jika diperlukan. Kebiasaan-kebiasaan membuat ringkasan bahan pelajaran atau membuat catatan-catatan mengenai fakta yang sukar dan penting juga akan sangat bermanfaat dalam menambah informasi (Crow, 1996)

Tujuan mencatat adalah mendapatkan pola-pola kecil dari tulisan di papan tulis, buku laporan, mata pelajaran, dan lain sebagainya. Catatan yang baik dan efektif akan membantu mengingat poin-poin kunci secara detail, memahami konsep-konsep utama, dan melihat kaitannya. 

Jika kita menginginkan orang lain untuk memahami makna kata-kata, bukan sekedar bunyi-bunyian tanpa arti. Kata-kata tersebut dapat kita rangkai dengan gambar, simbol, citra, bunyi, dan perasaan.

0 komentar:

Posting Komentar