Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kamis, 26 November 2015

Pikiran Positif


Pikiran positif adalah pikiran yang dapat membangun dan memperkuat pribadi atau karakter kita. Kita bisa menjadi pribadi yang lebih matang, lebih berani menghadapi tantangan dan melakukan hal-hal yang hebat. Pikiran positif tak akan membuat kita berhenti karena keterbatasan atau kelemahan kita, namun pikiran positif justru akan membuat kita mencari kekuatan kita hari demi hari.

Ciri-ciri Orang yang Berpikir Positif

"Mulailah setiap kegiatan tanpa memikirkan adanya peluang bagi kegagalan. Pusatkanlah perhatian Anda hanya pada kekuatan dan kelemahan Anda... pada kemampuan Anda daripada masalah Anda (Paul J. Meyer)"

Melihat masalah sebagai tantangan

Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan membuat hidupnya seakan paling sengsara sedunia.

Menikmati hidupnya

Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.

Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide

Bisa jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak.

Mensyukuri apa yang dimilikinya

Senantiasa mensyukuri kehidupan dan bukan berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya

Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu

Sudah pasti, gosip itu berteman baik dengan Criminal Minds. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak jelas asal-usulnya adalah perilaku yang dijauhi si pemikir positif.

Tidak membuat alasan, tapi langsung bertindak

Jika mendapat tantangan dari kehidupan, mereka tidak mencari alasan untuk menghindarinya, tapi mereka langsung segera bertindak mencari cara untuk menghadapinya.

Menggunakan bahasa positif

Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernada optimisme, seperti misalnya "masalah itu pasti akan terselesaikan" dan "dia memang berbakat"

Menggunakan bahasa tubuh yang positif

Diantaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan hidup.

Peduli pada citra diri

Itulah sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya diluar, tapi juga di dalam

0 komentar:

Posting Komentar